Apa sih Coronavirus itu?

Coronaviruses (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan panas tinggi (demam) dari demam biasa sampai dengan demam kronis seperti Middle East Resparatory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Resparatory Syndrom (SARS-CoV). Novel Coronavirus (nCoV) adalah virus jenis baru yang belum diidentifikasikan manusia.

Coronavirus adalah Zoonotic, yang berarti virus ini menular diantara hewan dan manusia. Hasil investigasi mendetail ditemukan bahwa SARS-CoV ditularkan dari hewan luwak ke manusia dan MERS-CoV ditularkan dari hewan unta ke manusia. Sedangkan Coronavirus belum diidentifikasikan penyebabnya.

Gejala infeksi Coronavirus adalah demam tinggi, flu, batuk, nafas pendek dan kesulitan untuk bernafas. Dalam beberapa kasus infeksi Coronavirus menyebabkan pneumonia, gangguan pernafasan akut, gagal ginjal dan kematian.

Rekomendasi pencegahan untuk mencegah penyebaran Coronavirus antara lain rutin mencuci tangan, menutup mulut dan hidung saat bersin, pastikan daging dan telur yang dikonsumsi telah matang dan tidak dianjurkan untuk memakan masakan mentah.

Sumber : WHO

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *